Kamis, 05 Februari 2009

Indonesia Akan Tetapkan 12 Stadion untuk Piala Dunia 2022

Jakarta (ANTARA News) - Calon tuan rumah Piala Dunia 2022, Indonesia merencanakan menggunakan 12 stadion internasional untuk ajang sepak bola paling bergengsi di dunia ini, kata Ketua Umum PSSI Nurdin Halid, di Jakarta, Senin.


Tiga stadion sudah ada yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Gelora Sriwijaya Palembang, dan Palaran Samarinda.

Stadion yang masih direncanakan dan diusulkan yakni Stadion Riau Pekanbaru, Gede Bage Bandung, Stadion BMW Jakarta, Stadion Bogor.

Stadion lainnya, Stadion Surabaya, Stadion Makassar, Stadion Medan, Stadion Tangerang, Stadion Yogya dan Stadion Gianyar Bali.

Ketua Umum PSSI Nurdin Halid mengemukakan hal itu saat PSSI secara resmi meluncurkan pencalonan diri Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 kepada publik di Jakarta.

Peluncuran "Road To Green World Cup 2022" itu dihadiri Menegpora Adhyaksa Dault.

Nurdin mengatakan, Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 adalah perwujudan dari visi PSSI 2020 yang sudah dicanangkan sejak tahun 2004 di awal masa kepemimpinannya.

Ia berkeyakinan PSSI mampu bersaing dengan negara lainnya semakin tinggi dengan dukungan langsung pemerintah.

FIFA sendiri akan mengumumkan negara yang berhak menggelar Piala Dunia 2022 pada 10 Desember 2010 mendatang.

Menegpora Adhyaksa Dault menyatakan Pemerintah mendukung pencalonan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022.

"Bangsa Indonesia punya pengalaman banyak menggelar event internasional, terutama sepakbola. Ide menjadi tuan rumah bukanlah hal mustahil, bersama kita bisa mewujudkan hal tersebut," katanya.

Indonesia akan bersaing dengan Australia, Belgia-Belanda, Inggris, Jepang, Rusia, Meksiko, Amerika Serikat, Republik Korea, Spanyol-Portugal, dan Qata


Tidak ada komentar:

Posting Komentar